K3LH : PENGERTIAN K3LH, SEJARAH K3LH, TUJUAN K3LH, MANFAAT K3LH, DAN RUANG LINGKUP K3LH

K3LH (KESEHATAN KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP)

Lekturku – K3LH, itulah materi yang akan saya bahas kali ini. Dimana materi K3LH ini mencakup pengertian K3LH, sejarah K3LH, tujuan K3LH, manfaat K3LH, dan ruang lingkup K3LH.

Mungkin akan terdengar asing bagi beberapa orang di antara kalian mendengar istilah K3LH, akan muncul pertanyaan dalam benak kalian “apa yang dimaksud K3LH?”, terlebih bagi kalian siswa/siswi SMK kelas 10, Yang memang materi ini saya tujukan untuk kalian.

 

Pengertian K3LH

K3LH merupakan kependekan dari (Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup) yaitu tentang program keselamatan para pekerja dan lingkungan hidup di suatu perusahaan ataupun lembaga yang memiliki banyak karyawan (pekerja). Atau arti lain dari K3LH adalah suatu upaya untuk melindungi karyawan (pekerja) agar selalu selamat selama bekerja/pekerja selalu dalam kondisi aman, dan selalu dalam keadaan sehat ketika bekerja di tempat kerja. Hal ini pun termasuk bagi orang lain yang memasuki tempat kerja.

Ketika bekerja memperhatikan K3LH adalah hal wajib pagi para pekerja agar terhindar dari kesalahan yang akan berakibat fatal. Selain itu untuk menciptakan suasana yang nyaman juga sehat di lingkungan kerja kebersihan di lingkungan kerja harus di perhatikan. Sehat dalam arti suatu lingkungan yang benar-benar bersih, dan nyaman dalam arti lingkungan/tempat kerja tersebut menunjukkan kerapihan dan indah sehingga enak jika dipandang.

 

Pengertian K3LH : Menurut Para Ahli

Agar dapat memahami K3LH lebih mendalam juga akurat, kita dapat merujuk kepada beberapa pendapat para ahli mengenai Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) sebagai berikut:

  1. (Mathis dan Jackson) – “ pengertian K3 adalah kegiatan yang memastikan terciptanya kondisi kerja yang aman, menghindari cacat fisik dan mental melalui pelatihan, membimbing dan mengendalikan kepatuhan karyawan, dan memberikan dukungan di bawah peraturan yang berlaku, baik pemerintah maupun perusahaan tempat mereka bekerja.
  2. (“WHO” World Health Organization) – “pengertian K3 adalah upaya yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat tertinggi kesehatan fisik, mental dan sosial pekerja di semua jenis pekerjaan. Melindungi pekerja dalam pekerjaannya dari bahaya faktor-faktor berbahaya.
  3. (Ardana) – “pengertian K3 adalah tindakan perlindungan yang dirancang untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain di tempat kerja selalu aman dan sehat, sehingga setiap sumber produksi dapat digunakan dengan aman dan efisien.

Sejarah K3LH (Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup)

Sejak dulu tepatnya pada tahun 1970 undang-undang yang mengatur di bidang K3LH sebenarnya sudah ada yaitu di UU No. 1 Tahun 1970 “Tanggal 12 Januari 1970”, adanya UU ini pada saat setelah hadirnya Belanda di Indonesia dan adanya permasalahan keselamatan kerja berlokasi di Indonesia. Sehingga rasa untuk melindungi modal yang ditanam pada industry mulai muncul.

Namun pada tahun 2000-an  barulah K3 ini dikenal banyak orang. mengapa demikian? Karena kurangnya kesadaran baik dari pengusaha, pekerja dan juga depnakertrans yang menyebabkan K3 tidak berjalan selama 30 tahun lebih lamanya,


Tujuan K3LH (Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup)

  1. (Melindungi) tenaga kerja atas hak keselamatan dalam kinerja pekerjaan mereka untuk kepentingan kehidupan dan peningkatan produksi dan produktivitas nasional.
  2. (Menjamin) keselamatan setiap orang di tempat kerja.
  3. (Memelihara) sumber produksi sehingga dapat digunakan dengan aman dan efisien.

Manfaat K3LH (Kesehatan  Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup)

Dengan adanya program K3LH ini baik karyawan (pekerja) ataupun perusahaan sama-sama memperoleh manfaat (di untungkan), yaitu:

Manfaat bagi perusahaan
  • Perusahaan menjadi lebih terampil dan sistematis untuk tumbuh lebih cepat
  • Maksimalnya produksi perusahaan sehingga menghasilkan misi perusahaan
Manfaat bagi karyawan
  • Pekerja lebih aman
  • Pekerja selalu dalam keadaan sehat
  • Pekerja lebih nyaman

Ruang Lingkup K3LH (Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup)

Beberapa aspek yang mengacu pada pengertian K3LH diatas yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam pelaksanaannya, yaitu:

  • Lingkungan Kerja

Hal ini menyangkut dengan tempat dimana para karyawan melakukan aktifitas bekerja, perlu memperhatikannya suhu, ventilasi, pencahayaan dan situasi adalah upaya untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan ataupun penyakit.

  • Alat Kerja dan Bahan

Alat kerja dan bahan merupakan penentu dalam proses produksi untuk itu perlunya memperhatikan kelengkapan, kondisi alat kerja, dan bahan  yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.

  • Metode Kerja

Cara kerja yang harus dilakukan oleh pekerja sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) agar tujuan pekerjaan tersebut tecapai secara efektif, efisien, serta keselamatan kesehatan kerja pun terjaga dengan baik. Contohnya, pekerja memiliki pengetahuan mengenai cara mengoprasikan mesin produksi, pekerja juga memakai alat pelindung diri sesuai standar perusahaan yang ada.


Sekian pembahasan materi mengenai K3LH, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk kalian. Thank you

 

Baca juga artikel mengenai materi pembelajaran SMK lainnya disini


Belum ada Komentar untuk "K3LH : PENGERTIAN K3LH, SEJARAH K3LH, TUJUAN K3LH, MANFAAT K3LH, DAN RUANG LINGKUP K3LH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel