Komponen Desain Grafis : Unsur-Unsur Desain Grafis



komponen desain grafi

Lektur ku – Komponen dalam mendesain sebuah karya grafis ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti di tujukan untuk siapa, memiliki tujuan apa, dan bagaimana cara mempublikasikannya (apakah di cetak menjadi spanduk, baliho, di upload ke internet, dan lain sebagainya).

Kenapa beberapa hal diatas harus di pahami secara jelas? supaya kalian dapat menentukan dengan mudah nantinya dalam menentukan komponen desain yang akan dilibatkan dalam desain yang akan kalian buat, seperti jenis warna yang digunakan, ukuran font dan teks yang dipakai, tipe garis, bentuk dan unsur tata letak.


Garis atau Line

Garis adalah tarikan warna tertentu (cenderung hitam) yang memanjang. namun dalam software pengolah grafis CorelDraw, garis lebih dikenal dengan nama outline, contour atau  strike pada aplikasi pengolah grafis Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Makna atau kesan psikologis (persepsi) yang di timbulkan dalam menorehkan garis pada media diantaranya, Memiliki fungsi sebagai penanda atau pemberi batas sisi, membentuk pola desain yang mewakili pesan, menambahkan nilai estetika dan ekpresi sebuah perasaan.

unsur garis berdasarkan arah garis

Makna garis berdasarkan arah garis

  • Garis lurus vertical - (kestabilan, ketenangan, kekuatan, mewah dan megah)
  • Garis lurus horizontal – (tenagn dan datar)
  • Garis melengkung – (keluesan, lamban, irama, rileks, kehalusan)
  • Garis silang (diagonal) – (ketidakstabilan, keraguan)

unsur garis berdasarkan gaya garis

Makna garis berdasarkan gaya garis

  • Garis kontinyu – (berwatak keras, kaku, stabil, konsistensi) 
  • Garis dot dash atau putus titik – (keraguan, ketakutan, misterius, memberikan irama)
  • Garis zigzag – (menggebu, panas, terkejut, menegangkan)
  • Garis kaligrafi – (ramah, damai, natural)

unsur garis berdasarkan ujung garis

Makna garis berdasarkan ujung

  • Tumpul atau round – (perdamaian antara dua elemen)
  • Lurus atau straight – (ketegasan)
  • Lurus atau kotak anchor – (lugas)
  • Berujung objek tertentu  – (antik dan unik)

unsur garis vertikal dan horizontal

Perpaduan garis vertical dengan horizontal memiliki kesan/makna kuat, tegas, lugas. Dan formal.

kombinasi garis diagonal

Kombinasi antara garis diagonal kesan/makna yang disampaikan adalah ketidak seragaman, perbedaan, perseteruan, konflik, larangan, dan pantangan.

kombinasi garis kurva

Perpaduan antara garis kurva yang menghasilkan bentuk garis baru yang memberi kesan sebagai berikut :

  • Bentuk setengah bulat – (kekutana, kokoh)
  • Spiral atau pegas – (terus meneru, bentuk garis yang sering digunakan sarana hipnotis)
  • Garis bentuk gelombang – ( kelembutan, alir, tenaga atau daya, spontanitas)

Kombinasi Garis Membentuk Pola Pancaran

Kombinasi garis membentuk pola pancaran, efek seolah pancaran yang dihasilkan dari pertemuan dua tau lebih garis dan berpusat pada satu titik.

unsur desain shape

Bentuk atau Shape

Sebagian beberapa pendapat para ahli menyebutkan bahwa shape atau bentuk adalah merupakan bidang, media. Jika di telaah pengertian dari istilah tersebut sebenarnya memiliki kesamaan yakni objek tersebut dalam grafis memiliki karakteristik utama yaitu berupa dimensi, baik itu dilihat dari panjang, tinggi, lebar dan tebalnya sehingga bentuk yang dihasilkan seperti bangun ruang geometris.

Secara garis besarnya unsur shape atau bentuk pada grafis dapat di bedakan dalam bentuk 2 dimensi (dwimatra) dan juga 3 dimensi (trimatra).

unsur desain grafis illustrasi

Illustrasi atau Gambar

Istilah Illustrasi (illustrate “dalam bahasa latin”) memiliki arti tentang menggambarkan, menjelaskan suatu hal. Unsur grafis Illustrasi dalam bentuk gambar berguna sebagai penguat informasi yang disampaikan kepada orang yang melihat-nya. Ada dua metode/model dalam pebuatan Illustrasi, di antaranya:

Secara Manual

Hand drawing atau gambar tangan menggunakan alat sederhana seperti pensil, bolpoint, spidol, airbrush, kuas untuk membuat suatu konsep (sketsa), lukisan, komik dan lain sebagainya. Dan hasilnya pun dapat disimpan kedalam format file digital menggunakan scanner.

Secara computerized atau teknologi digital

Mendesain Illustrasi menggunakan komputer dan software (aplikasi) CorelDraw membuat gambar secara vekrot, dan software (aplikasi) Adobe Photoshop untuk pengolahan gambar secara Bitmap.

unsur desain warna

Warna atau Color

Peran penting warna dalam sebuah karya grafis, mengapa demikian? Karena setiap warna memiliki karakteristik dan nilai-nilai yang berbeda, Pemilihan jenis warna yang di tetapkan pada karya grafis akan menentukan dampak psikologis bagi orang yang melihatnya.

 

unsur desain tipografi

Teks atau Tipografi

Tifografi merupakan salah satu disiplin ilmu seni yang membahas mengenai pemilihan huruf juga penataan huruf dalam sebuah media yang berguna untuk menyampaikan informasi mencakup pesan, kesan dan ilustrasi gambar yang di sajikannya,

 

 Tata letak atau Space

Memadu padankan tatanan antar unsur grafis seperti garis, bentuk, gambar, warna dan teks pada space/ruang media yang akan digunakan sehingga menghasilkan karya grafis yang maksimal sehingga menarik perhatian dan terlihat professional bagi yang melihatnya.


Belum ada Komentar untuk "Komponen Desain Grafis : Unsur-Unsur Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel