World Wide Web (WWW), Pengertian, Fungsi dan Manfaat, contoh, dan Sejarah WWW

world wide web (www)

Pengertian World Wide Web (WWW)

Bahasan kali ini tentang apa itu World Wide Web atau di kenal dalam bahasa Jawa Kuno yaitu Waring Wera Wenua (Waring bermakna jala, Wera bermakna luas, Wanua menggambarkan wilayah yang di huni). World Wide Web lebih di ingat dengan suatu istilah yaitu "WWW" yang merupakan suatu ruang informasi yang dipergunakan oleh pengenal global yang di sebut pengidentifikasi sumber seragam guna mengenali sumber daya berguna.

Secara keseluruhan WWW seringkali dianggap sebagai internet, meskipun demikian sebenarnya WWW hanyalah bagian dari internet, yang membuatnya menarik dari WWW yaitu para pengguna dapat mengakses informasi berupa teks, suara, gambar, video, dan animasi melalui aplikasi browser dari gadget atau komputernya.

Jadi singkatnya, WWW merupakan system yang berfungsi untuk mengirim dan menyebar data maupun informasi melalui jaringan internet dengan skala yang besar ke seluruh penjuru dunia.

Berikut Pengertian WWW Menurut Para Ahli

  1. (WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik..) MCleod (Pearson)
  2. (WWW adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.google.co.id.) V. Djong
  3. (WWW adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.) Akbar Kaelola
  4. (WWW adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.) Lisa Kuswayatno
  5. (WWW adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah paladen/ browser.) Yuhefizar
  6. (WWW adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.) F. Budi Hardiman

Fungsi World Wide Web dan Manfaat World Wide Web

Seperti pada uraian pengertian WWW diatas, maka WWW memiliki fungsi untuk menyediakan data dan juga informasi apapun dan dari manapun itu supaya dapat diakses banyak orang dari berbagai bagian dunia.

Internet sangat dibutuhkan saat mengakses WWW, dengan WWW memungkinkan para pengguna untuk berselancar dengan mudahnya hanya mengetikan alamat URL atau lebih dikenal link.

Layanan dan manfaat WWW secara umum diantaranya sebagai berikut:
  1. Web Mail Service. Merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima surat elektronik kepada orang lain, layanan Web Mail Service ini bisa didapatkan secara gratis atupun berbayar. Beberapa penyedia layanan email gratis diantaranya Gmail.com, Yahoo.com dan Hotmail.com. sedangkan untuk layanan email berbayar umumnya di gunakan untuk keperluan bisnis oleh suatu perusahaan karena bisa mengggunakan domain sendiri
  2. Search Engine. Atau (Mesin Pencari) adalah layanan gratis yang dipergunakan sebagai alat mencari informasi berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu. contohnya Google dan Bing search engine popular sekarang ini.
  3. Web Hosting. Adalah suatu tempat penyimpanan database (sebuah) website, website dapat diakses hanya jika domain website dan web hosting tersebut saling terhubung.
  4. Portal. Adalah situs web yang mempunyai kemampuan tertentu dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi selera para pengunjung. Contoh situs web portal popular sekarang ini yahoo.com.

Contoh World Wide Web (WWW)

Sampai disini para pengguna internet aktif pastinya sudah tak asing lagi dengan namanya World Wide Web/ WWW, karena WWW digunakan oleh banyak website di internet sekarang ini. Contohnya:


Sejarah World Wide Web dan Perkembangannya

Pada tahun 1991 Tim Berners-Lee kali pertama orang yang menemukan istilah WWW yang kita kenal sekarang ini. Hingga saat ini World Wide Web sudah menempuh sejarah yang amat panjang. Bagaimana sejarahnya? Berikut penjelasannya :

  1. (Tahun 1989) “Tim Berners Lee kali pertama mengungkapkan ide-nya membuat sebuah protokol di internet yang memiliki fungsi sebagai sistem distribusi informasi.”

  2. (Tahun 1990) “Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).”

  3. (Tahun 1991) “Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.”

  4. (Tahun 1993) “Marc Andersen dan timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic dan berbasis grafik untuk OS X-Windows.”

  5. (Tahun 1994) “Andersen bekerjasama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser.”

  6. (Tahun 1995) “Ada sekitar 300.000 website di internet dimana pada tahun sebelumnya hanya 50 website.”

  7. (Tahun 2009) “Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.”


Sampai disni bahasan singkat perihal pengertian World Wide Web (WWW) menurut para ahli, fungsi dan manfaat, contoh, dan juga sejarahnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda. Thank you  

Belum ada Komentar untuk "World Wide Web (WWW), Pengertian, Fungsi dan Manfaat, contoh, dan Sejarah WWW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel